Cara Mencegah dan Mengobati Skizofrenia Pada Anak-anak - Pecinta Sehat

Memberikan Informasi Seputar Kesehatan

Monday, February 4, 2019

Cara Mencegah dan Mengobati Skizofrenia Pada Anak-anak

Cara Mencegah dan Mengobati Skizofrenia Pada Anak-anak - Skizofrenia ialah gangguan jiwa dimana penderita selalu mengartikan realitas kehidupan secara tidak normal yang seringkali disebabkan oleh halusinasi, delusi dan beda sebagainya. Skizofrenia ialah kondisi kronis yang memerlukan perawatan seumur hidup. Mengidentifikasi dan mengawali pengobatan guna skizofrenia masa kanak-kanak sedini barangkali dapat secara signifikan menambah hasil jangka panjang anak Anda.

Cara Mencegah dan Mengobati Skizofrenia Pada Anak-anak

Skizofrenia pada anak-anak memerlukan perawatan seumur hidup, bahkan sekitar periode ketika fenomena tampaknya hilang. Perawatan ialah tantangan khusus guna anak-anak dengan skizofrenia.

Perawatan skizofrenia anak seringkali dipandu oleh seorang psikiater anak yang kawakan dalam mengobati skizofrenia. Pendekatan tim barangkali tersedia di klinik dengan kemahiran dalam penyembuhan skizofrenia.

Pencegahan Skizofrenia Pada Anak-anak

Identifikasi dan perawatan dini dapat menolong mengendalikan fenomena skizofrenia masa kanak-kanak sebelum komplikasi serius berkembang. Perawatan dini pun penting dalam menolong membatasi episode psikotik, yang dapat sangat menakutkan untuk seorang anak dan orang tuanya. Perawatan yang sedang dilangsungkan dapat menolong meningkatkan pandangan jangka panjang anak Anda.

Pengobatan Skizofrenia Pada Anak-anak

Skizofrenia pada anak dapat ditanggulangi dengan teknik berikut:

1. Obat-obatan

Sebagian besar antipsikotik yang dipakai pada anak-anak ialah sama dengan yang dipakai untuk orang dewasa dengan skizofrenia. Obat-obatan antipsikotik biasanya efektif untuk menanggulangi gejala-gejala laksana delusi, halusinasi, kehilangan semangat dan kurangnya emosi.

Secara umum, tujuan penyembuhan dengan antipsikotik ialah untuk secara efektif mengelola fenomena pada takaran serendah mungkin. Seiring waktu, dokter anak dapat mengupayakan kombinasi, sekian banyak  obat atau takaran yang berbeda. Bergantung pada gejalanya, obat lain pun dapat membantu, laksana antidepresan atau obat anti-kecemasan. Diperlukan sejumlah minggu setelah mengawali pengobatan untuk menyaksikan peningkatan gejala.

Antipsikotik generasi kedua

Obat generasi kedua yang lebih baru lazimnya lebih digemari karena mempunyai efek samping yang lebih tidak banyak daripada antipsikotik generasi kesatu. Namun, mereka dapat mengakibatkan penambahan berat badan, gula darah tinggi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Contoh-contoh antipsikotik generasi kedua yang diamini oleh Food and Drug Administration (FDA) guna mengobati skizofrenia pada remaja umur 13 tahun ke atas diantaranya:
  • Aripipraz0le
  • 0lanzapine
  • Quetiapne
  • Risperidon
  • Paliperid0ne, diamini FDA guna anak umur 12 tahun ke atas.
Antipsikotik generasi kesatu

Obat-obatan generasi kesatu ini seringkali sama efektifnya dengan antipsikotik generasi kedua dalam mengendalikan delusi dan halusinasi. Di samping mempunyai efek samping yang serupa dengan antipsikotik generasi kedua, antipsikotik generasi kesatu pun mungkin mempunyai efek samping neurologis yang tidak jarang dan berpotensi signifikan. Ini bisa mencakup bisa jadi mengembangkan kelainan gerakan (tardive dyskinesia) yang barangkali tidak bisa dibalikkan.

Karena penambahan risiko efek samping serius dengan antipsikotik generasi kesatu, mereka tidak jarang tidak direkomendasikan untuk dipakai pada anak-anak sampai opsi lain telah diusahakan tanpa keberhasilan.

Contoh-contoh antipsikotik generasi kesatu yang diamini oleh FDA guna mengobati skizofrenia pada anak-anak dan remaja meliputi:
  • Klorpr0mazin guna anak-anak 13 dan lebih tua
  • Hal0peridol guna anak berusia 3 tahun ke atas
  • Perphnazine guna anak-anak 12 tahun ke atas
Antipsikotik generasi kesatu biasanya lebih murah daripada antipsikotik generasi kedua, khususnya versi generik, yang bisa menjadi pertimbangan urgen ketika dibutuhkan perawatan jangka panjang.

Efek Samping dan Risiko Pengobatan

Semua obat antipsikotik mempunyai efek samping dan risiko kesehatan. Efek samping pada anak-anak dan remaja barangkali tidak sama dengan yang terjadi pada orang dewasa, dan kadang-kadang barangkali lebih serius. Anak-anak, khususnya anak-anak yang paling muda, barangkali tidak mempunyai kapasitas untuk mengetahui atau berkomunikasi mengenai masalah pengobatan.

Bicaralah dengan dokter anak tentang bisa jadi efek samping dan teknik mengatasinya. Waspadai masalah pada anak Anda, dan laporkan efek samping ke dokter sesegera mungkin. Dokter barangkali dapat menyesuaikan takaran atau mengubah obat dan memberi batas efek samping.

Obat antipsikotik bisa mempunyai interaksi riskan dengan zat lain. Beri tahu dokter anak kita tentang seluruh obat dan produk bebas yang diminum anak Anda, tergolong vitamin, mineral, dan suplemen herbal.

2. Psikoterapi

Di samping pengobatan, psikoterapi, kadang-kadang dinamakan terapi bicara, dapat menolong mengelola fenomena dan menolong Anda dan anak Anda menanggulangi gangguan tersebut. Psikoterapi bisa meliputi:
  • Terapi individu. Psikoterapi, laksana terapi perilaku kognitif, dengan profesional kesehatan mental yang terampil dapat menolong anak kita belajar teknik menghadapi stres dan kendala kehidupan keseharian yang dimunculkan oleh skizofrenia. Terapi dapat menolong mengurangi fenomena dan menolong anak kita berteman dan sukses di sekolah. Mempelajari skizofrenia dapat menolong anak Anda mengetahui kondisinya, menanggulangi gejala-gejalanya, dan mengekor rencana perawatan.
  • Terapi keluarga. Anak dan family Anda bisa memanfaatkan terapi yang memberikan sokongan dan pendidikan untuk keluarga. Terlibat, anggota family yang peduli yang mengetahui skizofrenia masa kecil bisa sangat menolong anak-anak yang hidup dengan situasi ini. Terapi keluarga pun dapat menolong Anda dan family Anda untuk menambah komunikasi, menanggulangi konflik dan menanggulangi stres yang sehubungan dengan situasi anak Anda.
3. Pelatihan kemampuan hidup

Rencana perawatan yang merangkum pengembangan kemampuan hidup dapat menolong anak Anda bermanfaat pada tingkat yang cocok dengan usia andai memungkinkan. Pelatihan kemampuan dapat meliputi:
  • Pelatihan kemampuan sosial dan akademik. Pelatihan dalam kemampuan sosial dan akademik ialah bagian urgen dari perawatan guna skizofrenia masa kanak-kanak. Anak-anak dengan skizofrenia tidak jarang mempunyai hubungan yang bermasalah dan masalah sekolah. Mereka barangkali mengalami kendala menjalankan tugas keseharian yang normal, laksana mandi atau berpakaian.
  • Rehabilitasi kejuruan dan kegiatan yang didukung. Ini berfokus pada menolong orang dengan skizofrenia mempersiapkan, menggali dan menjaga pekerjaan.
4. Rawat inap

Selama periode krisis atau saat fenomena parah, rawat inap barangkali diperlukan. Ini dapat menolong meyakinkan keselamatan anak kita dan meyakinkan bahwa ia menemukan nutrisi, tidur, dan kesucian yang benar. Kadang-kadang penataan rumah sakit ialah cara sangat aman dan terbaik guna mengendalikan fenomena dengan cepat.

Rawat inap beberapa dan perawatan di rumah barangkali menjadi pilihan, tetapi fenomena yang parah seringkali stabil di lokasi tinggal sakit sebelum pindah ke tingkat perawatan ini.

5. Gaya hidup dan penyembuhan rumah

Meskipun skizofrenia masa kanak-kanak memerlukan perawatan profesional, urgen untuk menjadi peserta aktif dalam perawatan anak Anda. Berikut ialah cara guna mendapatkan hasil maksimal dari rencana perawatan.
  • Ikuti tuntunan untuk pengobatan. Usahakan guna meyakinkan bahwa anak kita minum obat cocok resep, walaupun ia merasa sehat dan tidak memiliki fenomena saat ini. Jika obat dihentikan atau diminum sesekali, gejalanya bisa jadi besar bakal kembali dan dokter akan kendala mengetahui apa takaran terbaik dan teraman.
  • Periksa dulu sebelum minum obat lain. Hubungi dokter yang mengasuh anak Anda guna skizofrenia sebelum anak kita minum obat yang diresepkan oleh dokter beda atau sebelum minum obat, vitamin, mineral, herbal, atau suplemen beda yang dipasarkan bebas. Ini bisa berinteraksi dengan obat skizofrenia.
  • Perhatikan firasat peringatan. kita dan anak Anda barangkali telah mengidentifikasi hal-hal yang dapat merangsang gejala, mengakibatkan kekambuhan atau menangkal anak kita melakukan pekerjaan sehari-hari. Buat rencana sampai-sampai Anda tahu apa yang mesti dilaksanakan jika gejalanya kembali. Hubungi dokter atau terapis anak Anda andai Anda menyaksikan ada evolusi gejala, untuk menangkal situasi memburuk.
  • Jadikan kegiatan fisik dan santap sehat menjadi prioritas. Beberapa obat guna skizofrenia dikaitkan dengan penambahan risiko eskalasi berat badan dan kolesterol tinggi pada anak-anak. Bekerjasamalah dengan dokter anak kita untuk menciptakan rencana nutrisi dan kegiatan fisik guna anak kita yang akan menolong mengelola berat badan dan bermanfaat untuk kesehatan jantung.
  • Hindari alk0hol, nark0ba dan tembkau. Alk0hol, nark0ba dan tembakau bisa memperburuk fenomena skizofrenia atau mengganggu obat antipsikotik. Bicaralah dengan anak Anda mengenai menghindari nark0ba dan alk0hol dan tidak mer0kok. Jika perlu, dapatkan perawatan yang cocok untuk masalah pemakaian nark0ba.
Mengatasi skizofrenia masa kanak-kanak dapat menjadi tantangan. Obat-obatan bisa mempunyai efek samping yang tidak diinginkan, dan Anda, anak kita dan semua keluarga Anda barangkali merasa marah atau kesal sebab harus mengelola suatu situasi yang membutuhkan perawatan seumur hidup.

Ituah Cara Mencegah dan Mengobati Skizofrenia Pada Anak-anak yang butuh Anda ketahui. Tanyakan tentang pertolongan layanan sosial. Kebanyakan pribadi dengan skizofrenia memerlukan sejumlah bentuk sokongan hidup sehari-hari. Banyak komunitas mempunyai program untuk menolong orang dengan skizofrenia dengan pekerjaan, kompleks yang terjangkau, transportasi, kumpulan swadaya, pekerjaan sehari-hari lainnya dan kondisi krisis. Seorang manajer permasalahan atau seseorang dalam kesebelasan perawatan anak kita dapat menolong menemukan sumber daya.

No comments:

Post a Comment