Cara Mencegah dan Mengobati Obesitas Pada Anak - Pecinta Sehat

Memberikan Informasi Seputar Kesehatan

Tuesday, February 5, 2019

Cara Mencegah dan Mengobati Obesitas Pada Anak

Cara Mencegah dan Mengobati Obesitas Pada Anak - Obesitas pada anak ialah kondisi medis serius yang memengaruhi anak-anak dan remaja. Anak-anak yang obesitas sedang di atas berat badan normal guna usia dan tinggi badan mereka. Obesitas pada masa kanak-kanak paling meresahkan sebab pound tambahan sering menciptakan anak-anak mulai merasakan masalah kesehatan yang pernah dirasakan sebagai masalah orang dewasa, laksana diabetes, desakan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Banyak anak gemuk menjadi orang dewasa yang gemuk, terutama andai salah satu atau kedua orang tuanya gemuk. Obesitas pada anak-anak pun dapat menyebabkan tidak cukup percaya diri dan depresi yang buruk.

Cara Mencegah dan Mengobati Obesitas Pada Anak
Salah satu strategi terbaik untuk meminimalisir obesitas di masa kecil ialah memperbaiki kelaziman makan dan olahraga. Mengobati dan menangkal obesitas pada masa kanak-kanak membantu mengayomi kesehatan anak Anda kini dan di masa depan.

Gejala Obesitas Pada Anak-Anak
Tidak seluruh anak yang membawa keunggulan berat badan atau obesitas. Beberapa anak mempunyai kerangka tubuh yang lebih banyak dari rata-rata. Dan anak-anak seringkali membawa jumlah lemak tubuh yang bertolak belakang di sekian banyak  tahap perkembangan. Jadi, Anda barangkali tidak tahu dari penampilan anak Anda andai berat badan ialah masalah kesehatan.

Indeks massa tubuh (BMI), yang meluangkan pedoman berat dalam kaitannya dengan tinggi badan, ialah ukuran keunggulan berat badan dan obesitas yang diterima. Dokter anak dapat memakai grafik pertumbuhan, BMI dan, andai perlu, tes beda untuk menolong Anda memahami apakah berat badan anak kita dapat memunculkan masalah kesehatan atau tidak.

Jika Anda cemas anak Anda keunggulan berat badan, bicarakan dengan dokter. Dokter bakal mempertimbangkan riwayat perkembangan dan pertumbuhan anak Anda, riwayat berat badan guna tinggi badan family Anda, dan lokasi anak Anda sedang di tangga pertumbuhan. Ini dapat menolong menilai apakah berat badan anak kita berada dalam kisaran yang sehat atau tidak.

Penyebab Obesitas Pada Anak-Anak

Kebanyakan penderita Obesitas diakibatkan oleh masalah gaya hidup. Terlalu sedikit kegiatan dan terlalu tidak sedikit kalori dari makanan dan minuman adalahpenyebab utama obesitas. Tetapi hal genetik dan h0rmonal barangkali memainkan peran juga. Misalnya, riset terbaru mengejar bahwa evolusi h0rmon pencernaan bisa memengaruhi sinyal yang memberi tahu kita bahwa kita kenyang.

Faktor Risiko

Banyak faktor seringkali bekerja dalam kombinasi yang dapat menambah risiko keunggulan berat badan anak Anda, diantaranya:

1. Diet

Makan makanan berkalori tinggi secara teratur, laksana makanan cepat saji, makanan yang dipanggang, dan makanan enteng mesin penjaja otomatis, dapat mengakibatkan anak Anda meningkat berat badannya. Permen dan makanan penutup pun dapat menyebabkan eskalasi berat badan, dan semakin tidak sedikit bukti menunjuk pada minuman manis, tergolong jus buah, sebagai penyebab obesitas pada sejumlah orang.

2. Kurang olahraga

Anak-anak yang tidak tidak sedikit berolahraga ingin menambah berat badan sebab mereka tidak membakar tidak sedikit kalori yang terdapat di tubuhnya. Terlalu tidak sedikit waktu yang dikuras dalam pekerjaan menetap, seperti menyaksikan televisi atau bermain video game, pun berkontribusi terhadap masalah tersebut.

3. Faktor keluarga

Jika anak kita berasal dari family orang yang keunggulan berat badan, ia barangkali lebih ingin menambah berat badan. Ini khususnya berlaku di lingkungan di mana makanan berkalori tinggi tidak jarang kali tersedia dan kegiatan fisik tidak dianjurkan.

4. Faktor psikologi

Stres pribadi, orang tua, dan family dapat menambah risiko obesitas pada anak. Beberapa anak santap berlebihan untuk menanggulangi masalah atau guna menangani emosi, laksana stres, atau guna melawan kebosanan. Orang tua mereka barangkali mempunyai kecenderungan yang serupa.

5. Faktor sosial ekonomi

Orang-orang di sejumlah komunitas mempunyai sumber daya terbatas dan akses terbatas ke supermarket. Akibatnya, mereka mungkin melakukan pembelian makanan yang tidak cepat rusak, laksana makanan beku, kerupuk, dan kue. Juga, orang yang bermukim di lingkungan berpenghasilan rendah barangkali tidak mempunyai akses ke lokasi yang aman guna berolahraga.

Komplikasi

Obesitas anak bisa mempunyai komplikasi guna kesejahteraan fisik, sosial dan emosional anak Anda.

1. Komplikasi fisik

Komplikasi jasmani dari Obesitas diantaranya:
  • Diabetes tipe 2. Kondisi kronis ini memengaruhi teknik tubuh anak Anda memakai gula (glukosa). Obesitas dan gaya hidup yang tidak menentu menambah risiko diabetes tipe 2.
  • Sindrom metabolik. Kumpulan situasi ini dapat menciptakan anak kita berisiko terpapar penyakit jantung, diabetes, atau masalah kesehatan lainnya. Kondisi termasuk desakan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kolesterol HDL ("baik") rendah dan keunggulan lemak perut.
  • Kolesterol tinggi dan desakan darah tinggi. Pola santap yang buruk dapat mengakibatkan anak Anda merasakan salah satu atau kedua situasi ini. Faktor-faktor ini bisa berkontribusi pada penumpukan plak di arteri, yang dapat mengakibatkan arteri menyempit dan mengeras, mungkin mengakibatkan serangan jantung atau stroke di lantas hari.
  • Asma. Anak-anak yang keunggulan berat badan atau obesitas barangkali lebih ingin menderita asma.
  • Gangguan tidur. Apnea istirahat obstruktif ialah gangguan yang berpotensi serius di mana pernapasan anak berulang kali berhenti dan mulai ketika tidur.
  • Penyakit hati berlemak nonalk0hol. Gangguan ini yang seringkali tidak memunculkan gejala, mengakibatkan timbunan lemak menumpuk di hati. Gangguan ini dapat mengakibatkan jaringan parut dan kehancuran hati.
  • Fraktur tulang. Anak-anak yang obesitas lebih ingin patah tulang daripada anak-anak dengan berat badan normal.
2. Komplikasi sosial dan emosional

Komplikasi sosial dan emosional dari Obesitas diantaranya:
  • Harga diri rendah dan diintimidasi. Anak-anak sering mengejek atau meledek rekan sebaya mereka yang keunggulan berat badan, yang menderita kehilangan harga diri dan penambahan risiko depresi sebagai hasilnya.
  • Perilaku dan masalah belajar. Anak-anak yang keunggulan berat badan ingin mempunyai lebih tidak sedikit kecemasan dan kemampuan sosial yang lebih buruk daripada anak-anak dengan berat badan normal. Masalah-masalah ini dapat mengakibatkan anak-anak yang keunggulan berat badan untuk beraksi dan mengganggu ruang ruang belajar mereka atau untuk unik secara sosial.
  • Depresi. Harga diri yang rendah dapat membuat perasaan putus harapan yang luar biasa, yang dapat mengakibatkan depresi pada sejumlah anak yang keunggulan berat badan.
Pencegahan Obesitas Pada Anak-Anak

Apakah anak kita berisiko keunggulan berat badan atau ketika ini berat badannya sehat, kita dapat memungut langkah-langkah berikut guna mendapatkan atau mengawal hal-hal di jalur yang benar.
  • Batasi atau hindari mengkonsumsi minuman pemanis gula pada anak kita
  • Berikan tidak sedikit buah dan sayuran
  • Batasi santap di luar, khususnya di restoran cepat saji, dan saat Anda santap di luar, ajari anak Anda teknik membuat opsi yang lebih sehat
  • Sesuaikan ukuran porsi cocok usia
  • Batasi menyaksikan TV . Usahakan anak kita dlam menyaksikan TV tidak cukup dari 2 jam sehari
  • Pastikan anak Anda lumayan tidur
Juga, pastikan anak Anda mendatangi dokter untuk pengecekan anak-baik paling tidak satu tahun sekali. Selama trafik ini, dokter mengukur tinggi dan berat badan anak kita dan menghitung BMI-nya. Peningkatan BMI anak kita atau dalam peringkat persentilnya sekitar satu tahun ialah tanda yang barangkali bahwa anak kita berisiko menjadi keunggulan berat badan.

Diagnosa

Untuk mendiagnosa anak Anda, dokter barangkali akan melakukan:

1. Grafik BMI

Sebagai unsur dari perawatan anak yang baik secara teratur, dokter menghitung BMI anak kita dan menilai di mana ia berada pada grafik perkembangan BMI. BMI menolong menunjukkan apakah anak Anda keunggulan berat badan guna usia dan tinggi badannya.

Dengan memakai grafik pertumbuhan, dokter menilai persentil anak Anda, dengan kata lain bagaimana anak Anda mencocokkan dengan anak-anak beda dari jenis kelamn dan umur yang sama. Misalnya, andai anak kita berada dalam persentil ke-80, tersebut berarti dikomparasikan dengan anak-anak beda dengan jenis kelamn dan umur yang sama, 80 persen mempunyai berat badan lebih rendah atau BMI.

Karena BMI tidak mempertimbangkan hal-hal laksana menjadi berotot atau mempunyai kerangka tubuh yang lebih banyak dari rata-rata dan sebab pola perkembangan sangat bervariasi salah satu anak-anak, dokter pun menjadi hal dalam perkembangan dan pertumbuhan anak Anda. Ini menolong menilai apakah berat badan anak kita adalahmasalah kesehatan baginya.

Di samping BMI dan grafik berat pada grafik pertumbuhan, dokter mengevaluasi:
  • Riwayat family Anda mengenai obesitas dan masalah kesehatan berhubungan berat badan, laksana diabetes
  • Kebiasaan santap anak Anda
  • Tingkat kegiatan anak Anda
  • Kondisi kesehatan beda yang dipunyai anak Anda
  • Riwayat psikososial, tergolong insiden depresi, gangguan tidur, dan kesedihan dan apakah anak kita merasa terisolasi atau sendirian atau menjadi sasaran bullying
2. Tes darah

Dokter anak Anda barangkali memesan tes darah andai dia mengejar bahwa anak Anda merasakan obesitas. Tes-tes ini diantaranya:
  • Tes kolesterol
  • Tes gula darah
  • Tes darah lainnya untuk mengecek ketidakseimbangan h0rmon, kelemahan vitamin D atau situasi lain yang berhubungan dengan obesitas
Beberapa tes ini mewajibkan anak Anda guna tidak santap atau minum apa juga sebelum tes. Tanyakan apakah anak Anda butuh berpuasa sebelum tes darah dan guna berapa lama.

Pengobatan Obesitas Pada Anak-Anak

Perawatan guna obesitas masa kanak-kanak didasarkan pada umur anak kita dan andai ia memiliki situasi medis lainnya. Perawatan seringkali termasuk perubahan kelaziman makan anak dan tingkat kegiatan fisik. Dalam suasana tertentu, perawatan barangkali termasuk obat-obatan atau operasi penurunan berat badan.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan supaya anak-anak yang lebih tua dari 2 tahun dan remaja yang berat badannya turun dalam kelompok kelebihan berat badan dimasukkan ke dalam program pemeliharaan berat badan guna memperlambat peradaban kenaikan berat badan. Strategi ini memungkinkan anak untuk meningkatkan inci namun tidak pound, mengakibatkan BMI turun dari masa-masa ke masa-masa ke kisaran yang lebih sehat.

Anak-anak umur 6 sampai 11 tahun yang merasakan obesitas barangkali didorong guna memodifikasi kelaziman makan mereka guna penurunan berat badan bertahap yang tidak lebih dari 1 pon (atau selama 0,5 kilogram) sebulan. Anak-anak yang lebih tua dan remaja yang merasakan obesitas atau paling gemuk barangkali didorong guna mengubah kelaziman makan mereka guna menurunkan berat badan sampai 2 pon (atau selama 1 kilogram) seminggu.

Metode untuk menjaga berat badan anak Anda ketika ini atau menurunkan berat badan ialah sama: Anak kita perlu santap makanan yang sehat, baik dari sisi jenis dan jumlah makanan dan meningkatkan kegiatan fisik. Keberhasilan paling tergantung pada komitmen kita untuk menolong anak Anda mengerjakan perubahan ini.

1. Makan makanan sehat

Orang tua ialah orang yang melakukan pembelian bahan makanan, memasak makanan, dan menyimpulkan di mana makanan tersebut dimakan. Bahkan evolusi kecil dapat menciptakan perbedaan besar dalam kesehatan anak Anda. Berikut ini sejumlah tips guna orang tua aagar anaknya tidak mengaami obesitas:
  • Saat melakukan pembelian barang makanan, pilih buah dan sayuran. Kurangi makanan yang enak - laksana kue kering, biskuit, dan makanan siap saji yang biasanya tinggi gula, lemak, dan kalori. Selalu sediakan camilan sehat.
  • Batasi minuman manis. Ini tergolong yang berisi jus buah. Minuman ini menyerahkan sedikit nilai gizi sebagai pengganti kalori tinggi mereka. Minuman manis juga dapat membuat anak kita merasa terlampau kenyang untuk santap makanan sehat.
  • Batasi makanan cepat saji. Banyak opsi menu tinggi lemak dan kalori.
  • Duduk bareng keuarga guna makan. Jadikan sebagai acara, waktu guna berbagi berita dan mengisahkan kisah. Mencegah santap di depan layar TV, komputer atau video game, yang bisa menyebabkan santap cepat dan menurunkan kesadaran bakal jumlah yang dimakan.
  • Sajikan ukuran porsi yang sesuai. Anak-anak tidak memerlukan makanan sejumlah orang dewasa. Biarkan anak kita makan melulu sampai kenyang, meskipun tersebut berarti meninggalkan makanan di atas piring. Dan ingat, saat Anda santap di luar, ukuran porsi restoran biasanya terlalu besar.
2. Aktivitas fisik
Bagian urgen dari menjangkau dan menjaga berat badan yang sehat, khususnya untuk anak-anak ialah aktivitas fisik. Ini menghanguskan kalori, memperkuat tulang dan otot, dan menolong anak-anak istirahat nyenyak di malam hari dan tetap waspada di siang hari.

Kebiasaan baik yang terjadi pada masa kanak-kanak menolong remaja menjaga berat badan yang sehat meskipun terjadi evolusi h0rmon, perkembangan yang cepat, dan pengaruh sosial yang tidak jarang menyebabkan santap berlebihan. Dan anak-anak yang aktif lebih ingin menjadi orang dewasa yang sehat.

Anda dapat mengerjakan hal-hal berikut guna meningkatkan kegiatan anak Anda:
  • Batasi waktu menyaksikan TV dan komputer guna tidak lebih dari 2 jam sehari guna anak-anak yang lebih dari 2 tahun. Jangan biarkan anak-anak di bawah 2 tahun menyaksikan televisi. Kegiatan menetap lainnya, bermain video dan permainan komputer, berkata di telepon, atau mengirim SMS pun harus dibatasi.
  • Tekankan aktivitas, bukan olahraga. Anak-anak mesti lumayan aktif sampai aktif sekitar paling tidak satu jam sehari. Aktivitas anak kita tidak mesti menjadi program pelajaran terstruktur, tujuannya ialah untuk membuatnya bergerak. Aktivitas bermain bebas laksana bermain petak umpet, tag, atau lompat tali merupakan pekerjaan yang bagus untuk menghanguskan kalori dan menambah kebugaran.
  • Temukan pekerjaan yang digemari anak Anda. Misalnya, andai anak Anda ingin artistik, pergilah memanjat alam untuk mengoleksi daun dan batu yang dapat digunakan anak kita untuk menciptakan kolase. Jika anak kita suka memanjat, pergilah ke gym terdekat atau panjat tebing terdekat. Jika anak kita suka membaca, maka berjalanlah atau bersepeda ke perpustakaan untuk melakukan pembelian buku.
3. Obat-obatan

Obat barangkali diresepkan untuk sejumlah remaja sebagai unsur dari rencana penurunan berat badan secara keseluruhan. Risiko memakai obat resep dalam jangka panjang tidak diketahui, dan efek obat pada penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan guna remaja masih dipertanyakan.

4. Operasi penurunan berat badan

Operasi penurunan berat badan barangkali menjadi pilihan untuk remaja dengan obesitas berat yang tidak bisa menurunkan berat badan melewati perubahan gaya hidup. Namun, laksana halnya seluruh jenis operasi, terdapat risiko potensial dan komplikasi jangka panjang. Diskusikan pro dan kontra dengan dokter anak Anda.

Dokter barangkali merekomendasikan operasi ini andai berat badan anak kita mempunyai ancaman kesehatan yang lebih banyak daripada risiko operasi yang potensial. Adalah urgen bahwa seorang anak yang dipertimbangkan guna operasi penurunan berat badan bertemu dengan kesebelasan spesialis pediatrik, termasuk berpengalaman endokrinologi pediatrik, psikolog dan berpengalaman diet.

Operasi penurunan berat badan bukanlah obat mujizat. Itu tidak memastikan bahwa seorang remaja bakal kehilangan semua keunggulan berat badannya atau bisa mempertahankannya dalam jangka panjang. Dan operasi tidak menggantikan keperluan untuk diet sehat dan kegiatan fisik yang teratur.

5. Gaya hidup dan penyembuhan rumah

Jika Anda keunggulan berat badan dan beranggapan untuk hamil, menurunkan berat badan dan santap dengan baik bisa memengaruhi masa mendatang anak Anda. Makan dengan baik sekitar kehamilan barangkali juga dominan  positif pada opsi makanan bayi selanjutnya.

Untuk memberi bayi Anda mula yang sehat, Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan pemberian ASI khusus selama 6 bulan.

Untuk anak-anak yang keunggulan berat badan atau obesitas, kesempatan terbaik mereka untuk menjangkau dan menjaga berat badan yang sehat ialah mulai santap makanan yang sehat dan lebih tidak sedikit bergerak. Berikut ini sejumlah langkah yang bisa Anda ambil di lokasi tinggal untuk menolong anak Anda sukses menurunkan berat badannya:
  • Jadilah panutan. Pilih makanan sehat dan hiburan aktif guna diri sendiri. Jika Anda butuh menurunkan berat badan, melakukannya bakal memotivasi anak kita untuk mengerjakan hal yang sama.
  • Libatkan semua keluarga. Jadikan santap sehat sebagai prioritas dan tekankan alangkah pentingnya untuk setiap orang guna aktif secara fisik. Ini menghindari memilih anak yang keunggulan berat badan.
Itulah Cara Mencegah dan Mengobati Obesitas Pada Anak-Anak yang butuh Anda ketahui. Orang tua memainkan peran urgen dalam menolong anak-anak yang gemuk merasa disukai dan mengendalikan berat badan mereka. Manfaatkan setiap peluang untuk membina harga diri anak Anda. Jangan fobia untuk mengusung topik kesehatan dan kebugaran, namun tetaplah peka bahwa seorang anak barangkali memandang kekhawatiran kita sebagai penghinaan. Berbicaralah dengan anak-anak kita secara langsung, terbuka, dan tanpa bersikap kritis atau menghakimi.

No comments:

Post a Comment