Penyebab dan Gejala Penyakit Katup Aorta - Pecinta Sehat

Memberikan Informasi Seputar Kesehatan

Saturday, September 29, 2018

Penyebab dan Gejala Penyakit Katup Aorta

Penyebab dan Gejala Penyakit Katup Aorta - Penyakit katup aorta ialah kondisi di mana katup antara ruang pompa utama jantung kita (ventrikel kiri) dan arteri utama ke tubuh kita (aorta) tidak bermanfaat dengan baik. Penyakit katup aorta barangkali merupakan situasi yang ada ketika lahir (penyakit jantung kongenital), atau mungkin diakibatkan oleh penyebab lain.

Penyebab dan Gejala Penyakit Katup Aorta

Jenis Penyakit Katup Aorta
Jenis Penyakit Katup Aorta diantaranya:

1. Stenosis katup aorta

Dalam situasi ini, flap (katup) katup aorta bisa menjadi menebal dan kaku, atau dapat menyatu bersama. Ini mengakibatkan penyempitan pendahuluan katup aorta. Katup yang menyempit tidak bisa membuka sepenuhnya, yang meminimalisir atau merintangi aliran darah dari jantung ke aorta dan semua tubuh Anda.

2. Regurgitasi katup aorta

Dalam situasi ini, katup aorta tidak memblokir dengan benar, mengakibatkan darah mengalir ke belakang ke ventrikel kiri.

Perawatan kita tergantung pada jenis dan tingkat keparahan penyakit katup aorta Anda. Dalam sejumlah kasus Anda barangkali perlu pembedahan untuk membetulkan atau mengubah katup aorta.

Gejala Penyakit Katup Aorta

Beberapa orang dengan penyakit katup aorta barangkali tidak mengalami fenomena selama bertahun-tahun. Tanda dan fenomena penyakit katup aorta diantaranya:
  • Suara jantung yang abnormal (gumam jantung) terdengar melewati stetoskop
  • Sesak napas, terutama saat Anda sudah paling aktif atau saat Anda berbaring
  • Pusing
  • Pingsan
  • Nyeri dada atau sesak
  • Detak jantung tak teratur
  • Kelelahan sesudah aktif atau tidak cukup memiliki keterampilan untuk aktif
  • Tidak lumayan makan (terutama pada anak-anak dengan stenosis katup aorta)
  • Tidak mendapatkan lumayan berat (terutama pada anak-anak dengan stenosis katup aorta)
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki
Jika kita mempunyai sakit jantung, dokter kita mungkin menganjurkan Anda mengunjungi berpengalaman jantung. Jika kita mengalami fenomena apa juga yang mungkin mengindikasikan penyakit katup aorta, temui dokter Anda.

Penyebab Penyakit Katup Aorta

Jantung kita mempunyai empat katup yang mengawal aliran darah ke arah yang benar. Katup ini tergolong katup mitral, katup trikuspid, katup pulmonal, dan katup aorta. Setiap katup mempunyai flaps (daun atau selebaran) yang membuka dan memblokir satu kali sekitar setiap detak jantung. Kadang-kadang, katup tidak membuka atau memblokir dengan benar, mengganggu aliran darah melewati jantung kita dan berpotensi merusak keterampilan untuk memompa darah ke tubuh Anda.

Pada penyakit katup aorta, katup aorta antara ruang jantung kiri bawah (ventrikel kiri) dan arteri utama yang menyalurkan darah dari jantung ke tubuh (aorta) tidak bermanfaat dengan baik. Ini barangkali tidak memblokir dengan benar, yang mengakibatkan darah bocor ke belakang ke ventrikel kiri (regurgitasi), atau katup barangkali menyempit (stenosis).

Penyakit katup aorta dapat diakibatkan oleh adanya cacat jantung ketika lahir (kongenital). Ini pun dapat diakibatkan oleh situasi lain, termasuk evolusi yang sehubungan dengan usia, infeksi, desakan darah tinggi atau cedera pada jantung.

Faktor Risiko

Faktor risiko penyakit katup aorta meliputi:
  • Usia yang lebih tua
  • Kondisi jantung tertentu muncul saat bermunculan (penyakit jantung kongenital)
  • Riwayat infeksi yang dapat memprovokasi jantung
  • Penyakit ginjal kronis
  • Sejarah terapi radiasi ke dada
Komplikasi

Penyakit katup aorta dapat mengakibatkan komplikasi, diantaranya:
  • Gagal jantung
  • Pukulan
  • Pembekuan darah
  • Abnormalitas ritme jantung
  • Kemat*an
Diagnosa

Untuk mendiagnosis penyakit katup aorta, dokter bisa meninjau tanda dan fenomena Anda, mendiskusikan riwayat medis Anda, dan mengerjakan pemeriksaan fisik. Dokter dapat memperhatikan jantung kita dengan stetoskop guna menilai apakah kita mempunyai murmur jantung yang bisa mengindikasikan situasi katup aorta. Seorang dokter yang terlatih dalam penyakit jantung (ahli jantung) bisa mengevaluasi Anda.

Dokter barangkali memesan sejumlah tes guna mendiagnosis situasi Anda, diantaranya:

1. Echocardiogram

Tes ini memakai gelombang suara untuk menyerahkan gambar video dari jantung kita bergerak. Selama tes ini, spesialis memegang perlengkapan yang serupa tongkat (transduser) di dada Anda. Dokter dapat memakai tes ini guna mengevaluasi bilik jantung Anda, katup aorta dan aliran darah melewati jantung Anda.

Tes ini dapat menolong dokter mengamat dengan baik situasi katup aorta, dan penyebab serta keparahan situasi Anda. Ini pun dapat menolong dokter menilai apakah kita memiliki situasi katup jantung tambahan. Dokter pun dapat memakai echocardiogram 3-D.

Dokter dapat mengerjakan jenis echocardiogram beda yang dinamakan echocardiogram transesophageal guna mendapatkan lebih dekat pada katup aorta. Dalam tes ini, transduser kecil yang melekat pada ujung tabung dimasukkan ke dalam tabung yang mengarah dari mulut ke perut (esofagus).

2. Elektrokardiogram (EKG)

Dalam tes ini, kabel (elektroda) yang menempel pada bantalan pada kulit kita mengukur kegiatan listrik jantung Anda. ECG bisa mendeteksi bilik jantung kita yang diperbesar, penyakit jantung dan irama jantung yang tidak normal.

3. X-ray dada

Rontgen toraks dapat menolong dokter kita menilai apakah jantung membesar, yang bisa menandakan jenis penyakit katup aorta tertentu. Hal ini pun dapat mengindikasikan apakah kita mempunyai pembuluh darah yang membesar (aorta) yang mengarah dari jantung atau penumpukan kalsium pada katup aorta. Rontgen dada pun dapat menolong dokter menilai situasi paru-paru Anda.

4. Pemindaian tomografi komputer terkomputerisasi (CT)

CT scan jantung memakai serangkaian sinar-X untuk menciptakan gambar mendetail dari jantung dan katup jantung Anda. Dokter dapat memakai teknik pencitraan ini guna mengukur ukuran aorta kita dan menyaksikan katup aorta kita lebih dekat.

5. Cardiac MRI

MRI jantung memakai medan magnet dan gelombang radio untuk membuat gambar mendetail dari hati Anda. Tes ini dapat dipakai untuk menilai tingkat keparahan situasi Anda dan mengevaluasi ukuran aorta.

6. Tes pelajaran atau tes stres

Tes pelajaran membantu dokter menyaksikan apakah kita mempunyai tanda dan fenomena penyakit katup aorta selama kegiatan fisik, dan tes ini dapat menolong menilai tingkat keparahan situasi Anda. Jika Anda tidak bisa berolahraga, obat-obatan yang mempunyai efek yang sama dengan olahraga di jantung Anda bisa digunakan.

7. Kateterisasi jantung

Tes ini tidak sering dipakai untuk mendiagnosis penyakit katup aorta, namun dapat dipakai jika tes beda tidak dapat mendiagnosis situasi atau guna menilai tingkat keparahannya.

Dalam formalitas ini, dokter memasukkan tabung tipis (kateter) melewati pembuluh darah di lengan atau selangk4ngan kita ke arteri di jantung kita dan menyuntikkan pewarna melewati kateter untuk menciptakan arteri tampak pada X-ray. Ini memberi dokter cerminan rinci mengenai arteri jantung kita dan bagaimana jantung kita berfungsi.

Pengobatan Penyakit Katup Aorta

Perawatan guna penyakit katup aorta tergantung pada tingkat keparahan situasi Anda, apakah Anda merasakan tanda dan gejala, dan apakah situasi Anda semakin parah. Jika fenomena Anda enteng atau kita tidak merasakan gejala, dokter bisa memantau situasi Anda dengan janji tindak lanjut yang teratur. Dokter kita mungkin menganjurkan Anda menciptakan perubahan gaya hidup sehat dan minum obat guna mengobati fenomena atau meminimalisir risiko komplikasi.

Anda barangkali perlu pembedahan untuk membetulkan atau mengubah katup aorta yang sakit. Dalam sejumlah kasus, dokter bisa merekomendasikan operasi bahkan andai Anda tidak merasakan gejala. Jika kita menjalani operasi jantung yang lain, dokter dapat mengerjakan operasi katup aorta pada ketika yang bersamaan.

Jika kita mempunyai penyakit katup aorta, pertimbangkan guna dievaluasi dan diobati di pusat medis dengan kesebelasan multidisiplin berpengalaman jantung dan dokter beda serta staf medis yang terlatih dan kawakan dalam mengevaluasi dan mengobati penyakit katup jantung. Tim ini dapat berkolaborasi dengan Anda guna menilai perawatan yang sangat tepat untuk situasi Anda.

Pembedahan untuk membetulkan atau mengubah katup aorta seringkali dilakukan melewati sayatan (insisi) di dada. Dalam sejumlah kasus, dokter mungkin mengerjakan operasi jantung invasif minimal, yang melibatkan pemakaian sayatan yang lebih kecil daripada yang dipakai dalam operasi jantung terbuka.

Pilihan operasi meliputi:

1. Perbaikan katup aorta

Untuk membetulkan katup aorta, berpengalaman bedah bisa melakukan sejumlah jenis perbaikan yang berbeda, termasuk mengasingkan flap katup (katup) yang sudah menyatu, mengusung keunggulan jaringan katup sampai-sampai katup dapat memblokir dengan rapat, atau menambal lubang di katup.

Dokter dapat mengerjakan prosedur memakai tabung, panjang tipis (kateter) untuk membetulkan katup dengan pendahuluan yang menyempit. Dalam formalitas ini, dinamakan v4lvloplasti balon, dokter memasukkan kateter dengan balon di ujungnya ke arteri di lengan atau sel4ngk4ngan dan mengarahkannya ke katup aorta. Seorang dokter lantas mengembang balon, yang memperluas pendahuluan katup. Balon lantas kempes, dan kateter dan balon dilepaskan.

Prosedur ini bisa mengobati stenosis katup aorta pada bayi dan anak-anak. Namun, katup ingin menyempit lagi pada orang dewasa yang telah menjalani prosedur, jadi seringkali hanya dilaksanakan pada orang dewasa yang terlampau sakit guna operasi atau yang menantikan penggantian katup, sebab mereka seringkali memerlukan formalitas tambahan guna mengobati katup yang menyempit. Dokter pun dapat memakai prosedur kateter guna memasukkan steker atau perlengkapan untuk membetulkan katup aorta pengganti yang bocor.

2. Penggantian katup aorta

Penggantian katup aorta sering dibutuhkan untuk mengobati penyakit katup aorta. Dalam penggantian katup aorta, berpengalaman bedah kita menghilangkan katup yang bobrok dan menggantinya dengan katup mekanis atau katup yang tercipta dari sapi, babi atau jaringan jantung insan (katup jaringan biologis). Tipe beda penggantian katup jaringan biologis yang memakai katup pulm0nal kita sendiri kadang-kadang mungkin.

Katup-katup jaringan biologis merosot dari masa-masa ke masa-masa dan akhirnya barangkali perlu diganti. Orang dengan katup mekanik perlu memungut obat pengencer darah seumur hidup untuk menangkal pembekuan darah. Dokter bakal mendiskusikan dengan Anda guna dan risiko dari masing-masing jenis katup dan mendiskusikan katup mana yang mungkin sesuai untuk Anda.

Dokter dapat mengerjakan prosedur yang tidak cukup invasif yang dinamakan transcatheter aortic v4lve replacement (TAVR) guna menggantikan katup aorta yang menyempit. TAVR bisa menjadi pilihan untuk orang-orang yang dirasakan berisiko menengah atau tinggi komplikasi dari penggantian katup aorta bedah.

Di TAVR, dokter memasukkan kateter di kaki atau dada kita dan membimbingnya ke jantung Anda. Katup pengganti lantas dimasukkan melewati kateter dan diberikan panduan ke jantung Anda. Suatu balon bisa melebarkan katup, atau sejumlah katup bisa meluas sendiri. Ketika katup ditanam, dokter mengusung kateter dari pembuluh darah Anda.

Dokter pun dapat mengerjakan prosedur kateter guna memasukkan katup pengganti ke dalam katup jaringan biologis yang tidak berhasil  yang bukan lagi bekerja dengan benar. Prosedur kateter beda untuk membetulkan atau mengubah katup aorta terus diteliti.
Untuk perempuan dengan penyakit katup aorta, urgen untuk berkata dengan dokter sebelum kita hamil. Dokter dapat bertukar pikiran dengan kita obat mana yang bisa Anda konsumsi dengan aman, dan apakah kita mungkin membutuhkan prosedur guna mengobati situasi katup kita sebelum kehamilan.

Anda barangkali akan memerlukan pemantauan ketat oleh dokter sekitar kehamilan. Dokter bisa merekomendasikan bahwa perempuan dengan situasi katup yang parah menghindari kehamilan guna menghindari risiko komplikasi.

Itulah Penyebab dan Gejala Penyakit Katup Aorta yang butuh Anda ketahui. Jika Anda beranggapan Anda mempunyai penyakit katup aorta, Segera konsultasikan dengan dokter umum atau dokter spesialis jantung. Bersiaplah guna mendiskusikan diet dan kelaziman olahraga Anda. Jika kita belum santap dengan baik dan berolahraga, bersiaplah untuk berkata dengan dokter tentang kendala yang barangkali Anda hadapi ketika memulai.

No comments:

Post a Comment