Gejala dan Penyebab Gagal Hati Akut - Pecinta Sehat

Memberikan Informasi Seputar Kesehatan

Friday, September 21, 2018

Gejala dan Penyebab Gagal Hati Akut

Gejala dan Penyebab Gagal Hati Akut - Gagal hati akut ialah hilangnya faedah hati yang terjadi dengan cepat, bias terjadi dalam sejumlah hari atau minggu, seringkali pada seseorang yang tidak mempunyai penyakit hati yang telah ada sebelumnya. Gagal hati akut lebih jarang terjadi dikomparasikan gagal hati kronis, yang berkembang lebih lambat.

Gejala dan Penyebab Gagal Hati Akut

Gagal hati akut, pun dikenal sebagai tidak berhasil  hati fulminan, dapat mengakibatkan komplikasi serius, tergolong pendarahan yang berlebihan dan penambahan tekanan di otak. Ini ialah keadaan terpaksa medis yang memerlukan rawat inap.

Tergantung pada penyebabnya, tidak berhasil  hati akut kadang-kadang bisa disembuhkan dengan pengobatan. Dalam tidak sedikit situasi, transplantasi hati barangkali satu-satunya obat.

Gejala Gagal Hati Akut

Tanda dan fenomena gagal hati akut diantaranya:
  • Menguningnya kulit dan bola mata kita (penyakit kuning)
  • Nyeri di perut kanan atas Anda
  • Pembengkakan perut
  • Mual
  • Muntah
  • Perasaan umum merasa tidak enak badan (malaise)
  • Disorientasi atau kebingungan
  • Kantuk
Gagal hati akut bisa berkembang dengan cepat pada orang yang sehat, dan tersebut mengancam jiwa. Jika kita atau seseorang yang kita kenal tiba-tiba mengembangkan mata atau kulit yang menguning; kelembutan di perut unsur atas; atau evolusi yang tidak biasa dalam suasana mental, jati diri atau perilaku, menggali perhatian medis segera.

Penyebab Gagal Hati Akut

Gagal hati akut terjadi saat sel-sel hati bobrok secara signifikan dan tidak lagi dapat berfungsi. Penyebab potensial meliputi:

1. Overdosis Acetamin0phen

Gagal hati akut bisa terjadi sesudah satu takaran acetamin0phen yang paling besar, atau sesudah lebih tinggi dari takaran yang direkomendasikan masing-masing hari selama sejumlah hari.

Jika kita atau seseorang yang kita kenal sudah mengonsumsi acetamin0phen overdosis, cari pertolongan medis secepat mungkin. Jangan menantikan tanda-tanda tidak berhasil  hati.
   
2. Obat Resep

Beberapa obat resep, tergolong antibiotik, obat anti-inflamasi nonsteroid dan antikonvulsan, dapat mengakibatkan gagal hati akut.
  
3. Suplemen Herbal

Obat-obatan herbal dan suplemen, tergolong kava, ephedra, skullcap dan pennyroyal, sudah dikaitkan dengan tidak berhasil  hati akut.
   
4. Hepatitis dan Virus Lainnya

Hepatitis dapat mengakibatkan gagal hati akut yakni Hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis E. Virus beda yang dapat mengakibatkan gagal hati akut tergolong virus Epstein-Barr, cytomegalovirus dan virus herpes simplex.
   
5. Racun

Racun yang dapat mengakibatkan gagal hati akut tergolong jamur berbahaya, Amanita phalloides, yang kadang-kadang dirasakan salah satu yang aman guna dimakan. Karbon tetraklorida ialah racun beda yang dapat mengakibatkan gagal hati akut. Ini ialah bahan kimia industri yang ditemukan dalam pendingin dan pelarut guna lilin, pernis dan bahan lainnya.
   
6. Penyakit Autoimun

Gagal hati dapat diakibatkan oleh hepatitis autoimun, penyakit di mana sistem kekebalan tubuh kita menyerang sel-sel hati, mengakibatkan peradangan dan cedera.
  
7. Penyakit Pembuluh Darah di Hati
Penyakit vaskular, laksana sindrom Budd-Chiari, dapat mengakibatkan penyumbatan di pembuluh darah hati dan mengakibatkan gagal hati akut.
   
8. Penyakit Metabolic

Penyakit metabolik langka, laksana penyakit Wilson dan hati berlemak akut kehamilan, jarang mengakibatkan gagal hati akut.
   
9. Kanker

Kanker yang dibuka atau menyebar ke hati kita dapat mengakibatkan gagal hati akut.
   
10. Syok

Infeksi yang spektakuler (sepsis) dan syok dapat paling merusak aliran darah ke hati, mengakibatkan gagal hati.

Komplikasi

Gagal hati akut sering mengakibatkan komplikasi, termasuk:
  • Cairan berlebihan di benak (edema serebral). Terlalu tidak sedikit cairan mengakibatkan tekanan menumpuk di benak Anda.
  • Gangguan pendarahan dan perdarahan. Gagal hati tidak bisa membuat hal pembekuan yang cukup, yang menolong darah menggumpal. Pendarahan di drainase pencernaan tidak jarang terjadi pada situasi ini. Ini barangkali sulit dikendalikan.
  • Infeksi. Orang dengan tidak berhasil  hati akut lebih barangkali mengembangkan infeksi, khususnya di dalam darah dan di drainase pernapasan dan drainase kemih.
  • Gagal ginjal. Gagal ginjal tidak jarang terjadi sesudah gagal hati, terutama andai Anda merasakan overdosis acetamin0phen, yang merusak hati dan ginjal Anda.
Pencegahan Gagal Hati Akut

  • Kurangi risiko tidak berhasil  hati akut dengan mengasuh hati Anda.
  • Ikuti instruksi pada obat-obatan. Jika kita mengonsumsi acetamin0phen atau obat lain, cek sisipan kemasan untuk takaran yang dianjurkan, dan tidak boleh mengambil lebih dari itu. Jika Anda telah mempunyai penyakit hati, tanyakan untuk dokter kita apakah aman untuk memungut jumlah acetamin0phen.
  • Beritahu dokter kita tentang seluruh obat Anda. Bahkan obat-obatan yang dipasarkan bebas dan obat-obatan herbal bisa mengganggu obat-obatan resep yang kita pakai.
  • Minum alk0hol secukupnya, andai sama sekali. Batasi jumlah alk0hol yang kita minum tidak lebih dari satu gelas sehari guna wanita dari segala umur dan lelaki yang lebih tua dari 65 dan tidak lebih dari dua gelas sehari untuk lelaki yang lebih muda.
  • Hindari perilaku berisiko. Dapatkan pertolongan jika Anda memakai obat intravena terlarang. Jangan berbagi jarum. Gunakan k0ndom saat bersangkutan s*ks. Jika Anda menemukan tato atau tindikan tubuh, pastikan toko yang kita pilih bersih dan aman. Jangan mer0kok.
  • Dapatkan divaksinasi. Jika kita mempunyai penyakit hati kronis, riwayat infeksi hepatitis apa juga atau penambahan risiko hepatitis, bicarakan dengan dokter Anda mengenai mendapatkan vaksin hepatitis B. Vaksin pun tersedia guna hepatitis A.
  • Hindari kontak dengan cairan tubuh atau darah orang lain. Tongkat jarum yang tidak disengaja atau pembersihan darah atau cairan tubuh yang tidak tepat bisa menyebarkan virus hepatitis. Membagi pisau cukur atau sikat gigi juga dapat menyebarkan infeksi.
  • Jangan santap jamur liar. Sulit untuk memisahkan antara jamur beracun dan jamur yang aman guna dimakan.
  • Berhati-hatilah dengan semprotan aer0sol. Saat Anda memakai pembersih aer0sol, pastikan ruangannya berventilasi atau menggunakan masker. Lakukan perbuatan perlindungan yang sama ketika menyemprotkan insektisida, fungisida, cat, dan bahan kimia beracun lainnya. Ikuti instruksi produk dengan saksama.
  • Lihat apa yang terdapat di kulit Anda. Saat memakai insektisida dan bahan kimia beracun lainnya, tutupi kulit kita dengan sarung tangan, lengan panjang, topi dan masker.
  • Pertahankan berat badan yang sehat. Obesitas bisa menyebabkan situasi yang dinamakan penyakit hati berlemak nonalk0hol, yang barangkali termasuk hati berlemak, hepatitis dan sirosis.
Diagnosa
Tes dan formalitas yang dipakai untuk mendiagnosis tidak berhasil  hati akut meliputi:

1. Tes Darah

Tes darah dilaksanakan untuk menilai seberapa baik kerja hati Anda. Tes masa-masa prothrombin mengukur berapa lama darah kita menggumpal. Dengan tidak berhasil  hati akut, darah tidak membeku secepat yang seharusnya.

2. Tes Pencitraan

Dokter Anda bisa merekomendasikan pengecekan ultrasound untuk menyaksikan hati Anda. Tes semacam tersebut dapat menunjukkan kehancuran hati dan menolong dokter menilai penyebab masalah hati Anda. Dokter mungkin pun merekomendasikan pemindaian tomografi terkomputerisasi perut (CT) atau pencitraan resonansi magnetik (MRI) untuk menyaksikan hati dan pembuluh darah Anda. Tes-tes ini dapat menggali penyebab-penyebab tertentu dari tidak berhasil  hati akut, laksana sindrom Budd-Chiari atau tumor. Mereka dapat dipakai jika dokter mencurigai masalah dan pengujian ultrasound negatif.
   
3. Pemeriksaan Jaringan Hati

Dokter kita mungkin menganjurkan untuk menerbitkan potongan kecil jaringan hati (biopsi hati). Melakukannya dapat menolong dokter Anda mengetahui mengapa hati kita gagal. Karena orang dengan tidak berhasil  hati akut berisiko merasakan pendarahan sekitar biopsi, dokter dapat mengerjakan biopsi hati transjugular. Dokter menciptakan sayatan kecil di sisi kanan leher Anda, dan lantas melewati tabung tipis (kateter) ke vena leher, melewati jantung kita dan masuk ke pembuluh darah yang terbit dari hati Anda. Dokter Anda lantas memasukkan jarum melewati kateter dan memungut sampel jaringan hati.

Pengobatan Gagal Hati Akut
Orang dengan tidak berhasil  hati akut sering diasuh di unit perawatan intensif di lokasi tinggal sakit di kemudahan yang dapat mengerjakan transplantasi hati, andai perlu. Dokter kita mungkin mengupayakan untuk mengobati kehancuran hati tersebut sendiri, namun dalam tidak sedikit kasus, perawatan melibatkan pengendalian komplikasi dan menyerahkan waktu hati Anda guna menyembuhkan.

Perawatan tidak berhasil  hati akut barangkali termasuk:
  • Obat-obatan untuk mengembalikan keracunan. acetlcysteine bisa mengobati tidak berhasil  hati akut yang diakibatkan oleh overdosis acetamin0phen. Obat ini pun dapat menolong mengobati penyebab beda gagal hati akut. Jamur dan keracunan lainnya pun dapat diobati dengan obat yang dapat mengembalikan efek toksin dan bisa mengurangi kehancuran hati.
  • Transplantasi Hati. Ketika tidak berhasil  hati akut tidak bisa dibalik, satu-satunya pengobatan ialah transplantasi hati. Selama transplantasi hati, seorang berpengalaman bedah mengusung hati kita yang bobrok dan menggantinya dengan hati yang sehat dari donor.
Dokter pun akan bekerja guna mengontrol tanda dan fenomena yang kita alami dan mengupayakan untuk menangkal komplikasi yang diakibatkan oleh tidak berhasil  hati akut. Perawatan Anda barangkali termasuk:

1. Menghilangkan desakan yang diakibatkan oleh keunggulan cairan di otak
Edema serebral yang diakibatkan oleh tidak berhasil  hati akut dapat menambah tekanan pada benak Anda. Obat-obatan dapat menolong mengurangi penumpukan cairan di benak Anda.

2. Skrining guna infeksi
Tim medis akan memungut sampel darah dan urine kita setiap ketika dan lantas untuk diuji guna infeksi. Jika dokter mencurigai bahwa kita mempunyai infeksi, Anda bakal menerima obat guna mengobati infeksi.
   
3. Mencegah perdarahan hebat
Dokter bisa memberi kita obat-obatan untuk meminimalisir risiko pendarahan. Jika kita kehilangan tidak sedikit darah, dokter dapat mengerjakan tes untuk mengejar sumber kehilangan darah. kita mungkin membutuhkan transfusi darah.

Perawatan Masa Depan

Para ilmuwan terus menganalisis pengobatan baru guna gagal hati akut, khususnya yang dapat meminimalisir atau menunda keperluan untuk transplantasi hati. Sementara sejumlah perawatan masa mendatang yang potensial sedang dalam proses, urgen untuk dikenang bahwa mereka tetap eksperimental dan barangkali belum tersedia.

Itulah Gejala dan Penyebab Gagal Hati Akut yang butuh Anda ketahui dan waspadai andai Anda tidak hendak terkena penyakit ini. Semoga tulisan ini dapat menyerahkan manfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment